Minggu, 05 Pebruari 2023

Keseharian Orang Jepang Yang Menyebabkan Mereka Sukses dan Maju

Tokyo (riuoke.com) Berbicara Jepang mungkin banyak yang anda bayangkan, dari kota, Hiroshima, Nagasaki, dan dalam sejap mereka bisa bangkit, itu tempo dulu. Sekarang Kota Tokyo sebagai  kota metropolitan  terus menggeliat sebagai kota tersibuk di dunia.

Jepang merupakan penduduk yang terkenal santun dan sopan, sehari hari di sini anda akan melihat tata cara mereka dengan selalu membungkukkan badan sambil mengucapkan,permisi atau selamat pagi. ini adalah budaya keturunan mereka dari sejak dahulunya.

Sedikit sekali kita menemukan orang yang memiliki kebiasaan santun dan baik seperti ini. Perkembangan zaman terkadang menggerus rasa santun dari sebagian orang. Mereka mulai lupa bagaimana caranya bersikap santun dan sopan terhadap sesama.

Jepang tidak, mereka memiliki kebiasaan yang inspirastif dan bernilai positif. Tak heran jika ini membuat Jepang menjadi satu dari negara paling sukses di dunia. Tingkat disiplin yang besar dan menjunjung tinggi kesantuan mereka layak ditiru. Berikut adalah  kebiasaan orang Jepang yang sederhana tapi penuh makna.


1. Membungkukan badan saat menyapa, meminta maaf dan berterima kasih.
Kebiasaan “ tradisional sederhana” orang Jepang yang mungkin bisa kita tiru. Orang Jepang sangat terkenal dengan adatnya ini. bahasa tubuh ini mereka tunjukan kepada orang yang tak dikenal sekalipun.

 

Kebiasaan ini bisa dijumpai begitu anda masuk bandara di Jepang, Narita atau Haneda Airpot, juga di pasar swalayan dan seluruh supermarket di jepang kebiasaan mereka sama. 


2. Mengucapkan “Itadakimasu” saat akan makan.  ini sebuah kebiasaan yang berarti kita menghormati makanan yang akan kita makan. Serta sebagai ucapan terima kasih atas makanan yang dihidangkan.

Anda tinggal di rumah orang jepang kota maupun desa, kebiasaan ini selalu ada ketika akan memulai makan siang ataupun malam. Idadakimasu, dan yang tidak makan akan mengucapkan ,Dozo, atau silakan dalam bahasa Jepangnya. 

 

3. Kebiasaan jalan kaki supaya panjang umur. Sangat jarang melihat orang Jepang memakai kendaraan bermotor. Mereka lebih memilih jalan kaki supaya sehat dan  panjang umur.

4. Didalam Kereta Api atau bus dan ditaman lebih memilih membaca buku atau menyibukkan diri dari pada merepotkan orang lain. Didalam kedaraan umun anda tidak akan melihat orang Jepang menerima telepon dan bersenda gurau, mereka diam dan tenang. Kebiasaan merka baca buku, main game, w a atau caht, dan tidur karena capek kerja. Jepang adalah pekerja keras satu hari mereka bisa kerja sampai 12 jam.

 

5. Budaya mengantri dengan baik. Tidak memaksa orang untuk segera maju. Kebiasaan “Sederhana” Orang Jepang yang Bisa Ditiru. Biasanya orang yang mengantre paling pertama akan mendapatkan tekanan dari yang mengantre di belakangnya. Tapi orang Jepang tidak. Mereka membudayakan mengantri dengan baik dan tidak intimidatif kepada orang yang mengantre lebih dulu.

6. Mempertahankan budaya nenek moyang mereka dengan baik, dan ini yang membuat mereka punya ciri khas sendiri. Terbukti dengan banyaknya festival yang mereka lestarikan. Serta baju kimono andalan yang sampai saat ini tetap dilestarikan. Dan ini tersebar diseluruh penjuru Jepang dihari besar mereka pakai Kimono.

7. Selalu memakai kaos kaki demi menjaga kebersihan. Bahkan di sekolah pun mereka mengganti sepatu mereka di loker untuk menjaga kebersihan kelas. Kebiasaan ini akan sering kamu temukan di film-film Jepang.

8. Duduk dengan sangat sopan kaki dilipat di belakang. Gaya duduk ini menunjukkan kesopanan dan juga menghargai semua orang di ruangan. Tidak asal duduk sambil kaki dilentangkan kemana-mana.

9. Menyimpan sampah sisa jajan di kantong celana atau jaket saat kondisi terdesak. Dalam keadaan semepet apapun, mereka benar-benar tidak akan buang sampah sembarangan. Mereka pun rela menjadikan kantong saku pakaian sebagai bak sampah.] idn.kim


 

Jumat, 09 Des 2022

Ayo welcome back to Bali, Soal UU KUHP, Kadispar Bali, Wisatawan Tak Perlu Khawatiri

Ayo welcome back to Bali, Soal UU KUHP, Kadispar Bali, Wisatawan Tak Perlu Khawatiri

Denpasar (riauoke.com) – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun menanggapi adanya pemberitaan di beberapa media asing yang menyatakan bahwa wisatawan yang datang ke Indonesia khususnya yang datang ke...

Minggu, 13 Nov 2022

Makan Enak Ditengah Hamparan Sawah, Padi dan Gunung Hijau di Payakumbuh

Makan Enak Ditengah Hamparan Sawah, Padi dan Gunung Hijau di Payakumbuh

Payakumbuh (riauoke.com) Salah satu objek wisata yang menarik di Sumatera Barat adalah Kota Payakumbuh. Di kota ini cukup banyak daerah destinasi wisata yang menarik dan ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal...

Minggu, 13 Nov 2022

Ini Dia Beberapa Julukan Menarik Untuk Kota Malang

Ini Dia Beberapa Julukan Menarik Untuk Kota Malang

Malang (riauoke.com) Kota Malang tempat dilaksanakan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) sama seperti kota lainnya yang berada di Indonesia, selain bersih, Kota ini juga memiliki beberapa julukan yang disematkan kepada...

Minggu, 20 Feb 2022

Dua Tahun Stop Karena Pandemi, Hari Ini Dua Pesawat Dari KL Mendarat di Pekanbaru

Dua Tahun Stop Karena Pandemi, Hari Ini Dua Pesawat Dari KL Mendarat di Pekanbaru

Pekanbaru, riauokecom — Hampir dua tahun disetop karena pandemi, hari ini, Minggu (20/2) penerbangan Kualalumpur(KL)-Pekanbaru kembali dibuka. Hasil pantauan riauoke.com di Bandara SSK II Pekanbaru, Sabtu malam, dua pesawat dari...

Minggu, 20 Feb 2022

Potensi Desa Wisata, Negeri Seribu Suluk, Sungai Tolab Rokan Timur

Potensi Desa Wisata, Negeri Seribu Suluk, Sungai Tolab Rokan Timur

Rokan Hulu (riauoke.com) Dalam melakukan ekpedisi keliling kampung Eks Transmigrasi se Provinsi Riau dijumpai berbagai potensi desa belum digarap secara maksimal. Salah satunya Desa Rokan Timur memiliki...

Rabu, 16 Feb 2022

Diantara Kebiasaan Masyarakat Jepang Yang Mungkin Kita Tiru

Diantara Kebiasaan Masyarakat Jepang Yang Mungkin Kita Tiru

Jepang begitu menarik bila dibicarakan, banyak hal baik terlintas saat mendengar kata 'Jepang', seperti kimono, fuji, sushi, sumo, anime, sakura, sinkansen dan banyak lagi.   Kota Tokyo...

Selasa, 01 Feb 2022

Keseharian Orang Jepang Yang Menyebabkan Mereka Sukses dan Maju

Keseharian Orang Jepang Yang Menyebabkan Mereka Sukses dan Maju

Tokyo (riuoke.com) Berbicara Jepang mungkin banyak yang anda bayangkan, dari kota, Hiroshima, Nagasaki, dan dalam sejap mereka bisa bangkit, itu tempo dulu. Sekarang Kota...

Kamis, 24 Jun 2021

Kebiasaan Mendasar Orang Jepang yang Membuat Mereka Maju

Kebiasaan Mendasar Orang Jepang yang Membuat Mereka Maju

Tokyo (riuoke.com) Berbicara Jepang mungkin banyak yang anda bayangkan, dari kota, Hiroshima, Nagasaki, dan dalam sejap mereka bisa bangkit, itu tempo dulu. Sekarang Kota Tokyo sebagai  kota...